Minggu, 21 September 2014

Mafaat Matematika Ekonomi Dalam kehidupan Ekonomi Dan Bisnis



v  FUNGSI MATEMATIKA EKONOMI DALAM EKONOMI DAN BISNIS
        Matematika merupakan alat untuk menyedarhanakan penyajian dan pemahaman masalah. Dengan menggunakan bahasa matematik, suatu ,masalah dapat menjadi lebih sederhana unutuk di sajikan, di pahami, di analisa dan di pecahkan.  sebagai sebuah ilmu yang senantiasa berkembang, ekonomi tak luput dari hasrat untuk menerapkan matematika dalam bahasa-bahasanya. Berbagai konsep matematika kini menjadi alat analisis yang penting dalam ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi modern memang cenderung menjadi semakin matematis.
         Fungsi matematika dalam ekonomi untuk mewakili teori ekonomi dan menganalisis masalah yang diajukan dalam ekonomi. matematika ekonomi adalah suatu pendekatan analisis ekonomi dengan menggunakan simbol-simbol matematika dan logika matematika dalam merumuskan teori ekonomi dan permasalahan dalam ilmu ekonom.
          Dengan bahasa matematika, penggunaan ekspresi verbal digantikan dengan simbol-simbol matematika sehingga penyampaian ide bisa lebih efisien, lebih. Dalam prakteknya, analisis ekonomi memang tidak dapat terlepas dari analisis kuantitatif. Dengan bahasa matematika, penggunaan akurat dan lebih sistematis. Sedangkan dengan menggunakan ekonomi, suatu teori dapat diverifikasi validitasnya melalui data empiris yang tersedia. Selanjutnya, dengan menggunakan data empiris, dimungkinkan untuk memberi masukan pada penggalian ilmu baru dan/atau pemodifikasian ilmu yang sudah ada.
        Singkatnya, penggunaan matematika dan ekonomi dalam analisis ekonomi ini saling melengkapi. Tanpa maatematika, seorang ahli hanya dapat memberikan gambaran tentang suatu fenomena tanpa dapat membuktikannya. Sedangkan penggunaan alat matematika tanpa pemahaman ekonomi terhadap ilmu ekonomi menjadikan suatu analisis kehilangan nuansa ekonomi sebagai ilmu sosial yang memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi.

v  KEGUNAAN MATEMATIKA DALAM EKONOMI
1.  Menyediakan dalil-dalil matematis sehingga mempermudah ekonomi dalam menuangkan  kenyataan dalam simbol-simbol.
2.      Dapat menggunakan banyak variabel dalam menuangkan kedalam model matematika.
3.      Untuk menguji kebenaran teori ekonomi.
4.      Meramalkan gerak perkembangan nilai variabel ekonomi.
5.      Membantu menghasilkan model ekonomi.
6.      Merumuskan hubungan variable ekonomi dalam bentuk matematis.
7.      Penyajian masalah ekonomi dengan lebih sempurna.
8.      Alat Bantu untuk memprediksi fenomena ekonomi.
9.      Menyederhanakan,menyajikan data yang komplek dalam bentukyang sederhana.
10.  Menggambarkan konsep dengan luga.


1 komentar:

  1. How to get a casino site for free - LuckyClub
    On this page you will luckyclub see the latest odds, payment methods, bonuses, and more! There is also a download button at the top of the page.

    BalasHapus